Rabu, 06 April 2011

Menghina Siswa di Facebook, Guru Dipejara


 
Menghina Siswa di Facebook, Guru Dipecat (Foto : Getty Images)
Menghina Siswa di Facebook, Guru Dipecat (Foto : Getty Images)
PATERSON, NEW JERSEY – Sebuah sekolah di New Jersey, Amerika Serikat memecat seorang tenaga pengajarnya setelah menerima keluhan dari orang tua. Para orang tua mengeluhkan soal postingan sang guru di akun Facebook-nya yang dianggap menghina siswa.


Guru kelas satu ini menuliskan perasaannya seperti menjadi ‘sipir’ bagi siswa-siswanya yang berusia enam hingga tujuh tahun. Guru yang tidak disebutkan namanya ini menyebut siswanya sebagai calon pelaku kriminal di masa depan.


Pejabat Inspektur Pendidikan Distrik Donnie Evans menegaskan, pemecatan dilakukan pada Jumat  1 April dan mengatakan pihak distrik sedang menyelidikinya. Namun dia menolak berkomentar karena ini masalah personal.


Presiden Dewan Pendidikan Theodore Best menyatakan, sang guru dipecat karena insiden itu menimbulkan masalah serius di sekolah dan menghambat fungsi sekolah untuk membangun.

“Anda tidak bisa memecat seseorang atas apa yang ditulisnya di Facebook. Tapi kalau hal ini muncul ke permukaan dan memengaruhi kelas, maka Anda dapat mengambil tindakan,” ujarnya. Seperti dikutip dari Huffingtonpost.


Kasus ini terjadi beberapa pekan setelah seorang guru SMA dari luar Philadelphia dipecat atas tulisan di blognya yang senonoh. Di blog, dia menyebut siswa mudanya sebagai “orang yang tidak bisa berbuat apa-apa dan anak manja yang malas”.

Selan itu, pejabat Chicago Public Schools juga sedang menyelidiki seorang guru yang dalam akun Facebook-nya memajang foto siswa yang mengenakan permen Jolly Rancher di rambut. Ibu dari bocah berusia 7 tahun itu mengeluh kepada pejabat sekolah setelah melihat komentar negatif dari foto putrinya di laman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar