Selasa, 05 April 2011

Tangki Kebakaran Akibat Manajemen Operasional Gagal


Tangki di Kilang Cilacap terbakar. Foto: Raka/pembaca okezone
 okezone
DEPOK - DPR segera memanggil jajaran direksi Pertamina untuk meminta penjelasan terkait terbakarnya tangki minyak milik Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah.

Tak hanya itu, menjelang masa reses anggota DPR, komisi VII DPR juga menugaskan anggota daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah untuk meninjau lokasi kebakaran tangki tersebut.

Anggota Komisi VII DPR RI Satya W Yudha mengatakan pihaknya meminta Pertamina untuk melakukan audit manajemen operasi dari kilang. Terbakarnya tangki minyak tersebut, kata Satya, disebabkan oleh kegagalan Pertamina melakukan audit investigatif terhadap manajemen operasi.

“Kita masih ingat waktu itu juga ada masalah di kilang minyak Balikpapan dan Cilacap, dan sekarang bahkan kilang minyak terbakar di Cilacap, berarti ada sesuatu di dalam pola manajemen operasi,” katanya kepada wartawan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Depok, Selasa (5/4/2011).

Menurut Satya, hal itu harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah yang selama ini hanya konsentrasi mengurus permasalahan di bagian hilir. Pihaknya juga meminta polisi untuk menginvestigasi terkait kemungkinan adanya sabotase dalam kebakaran tersebut.

“Harusnya kita panggil siang ini, tapi jajaran Pertamina tengah berada di Cilacap semua, selidiki dulu investigasinya, baru kita lihat ada faktor teknis atau nonteknis penyebabnya, jangan memang manajemen operasi buruk tetapi ditutupi dengan alasan ada teroris, itu kan nggak benar jadinya,” tegasnya.

Sementara itu, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga hanya mengungkapkan secara singkat terkait kebakaran kilang minyak tersebut. “Kalau ada unsur sabotase, tentu harus diselidiki dan diusut polisi,” tandas JK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar