Kamis, 07 April 2011

Kampus Terbaik di AS untuk Pengendara Sepeda


 
Stanford, kampus terbaik di AS bagi pengendara sepeda (Foto: Flickr)
WASHINGTON - Sebuah daftar unik dirilis Liga Amerika untuk Pengendara Sepeda (League of American Bicyclists). Liga ini untuk pertama kalinya memuat daftar kampus di AS yang dinilai paling ramah bagi pengendara sepeda.

Universitas favorit di AS, Stanford menempati urutan pertama. Kampus yang berlokasi di Palo Alto, California, AS ini meraih posisi tertinggi atau disebut level platinum. Stanford dinilai paling ramah bagi pengendara sepeda karena banyak program di kampus ini yang berkaitan dengan sepeda.

Di Stanford, bisa ditemukan peta kampus untuk pengendara sepeda, serta kelas keselamatan dan keamanan memarkir sepeda. Selain itu, tercatat 21,7 persen mahasiswa, dosen dan staf di kampus ini menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Dari 32 kampus yang dipertimbangkan, hanya 20 kampus yang layak masuk daftar ini. Dua puluh kampus ini dibagi dalam empat level, yakni Platinum (satu kampus), Gold (dua kampus), Silver (sembilan kampus), dan Bronze (delapan kampus). Namun tidak dijelaskan perbedaan nilaian di antara kategori-kategori tersebut.

Liga menilai kampus-kampus ini berdasarkan kinerja dalam lima bidang, yaitu teknik, edukasi, dorongan, penegakkan dan evaluasi, serta perencanaan kampus terhadap pengendara sepeda.

Direktur Pelayanan Parkir dan Transportasi Universitas Stanford, Brodie Hamilton menyatakan, kampusnya menyambut baik hasil penilaian Liga, namun mereka tidak ingin berpuas diri atas prestasi yang dibuat.

“Kami tidak melihat ini sebagai akhir dari usaha untuk memulai hal baru. Banyak departemen yang memberikan kontribusi untuk program ini dan secara keseluruhan Stanford berniat membuat kemajuan yang lebih besar di tahun mendatang. Kami ingin menciptakan lingkungan yang lebih aman dan berkelanjutan bagi masyarakat melalui jalur untuk pengguna sepeda dan pejalan kaki,” ujar Brodie seperti dikutip dari Huffingtonpost.
Berikut daftar 10 kampus yang dinilai ramah untuk pengendara sepeda di AS :
1.    Universitas Stanford (Level Platinum)
2.    University of California Davis (Gold)
3.    University of California Santa Barbara (Gold)
4.    California State Long Beach (Silver)
5.    Colorado State University (Silver)
6.    Portland State University (Silver)
7.    University of Arizona (Silver)
8.    University of California Irvine ( Silver)
9.    University of Minnesota, Twin Cities (Silver)
10.    University of Oregon (Silver)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar