Jumat, 03 Juni 2011

Jonathan Goodluck, Presiden Baru Nigeria

Selasa, 19 April 2011 11:39 wib
 1  00
Jonathan Goodluck/Daylife
Jonathan Goodluck/Daylife
ABUJA - Setelah ketegangan yang merebak pada saat pemilihan presiden di Nigeria pada akhirnya, Goodluck Jonathan dinyatakan sebagai presiden terpilih baru.

Jonathan, calon presiden incumbent dari wilayah selatan Niger Delta, berhasil meraih 57 persen dari jumlah suara dan berhasil mengalahkan mantan pemimpin militer Muhammadu Buhari.

Hasil perhitungan yang diumumkan pada Senin malam kemarin yang ditolak oleh kelompok oposisi, memberikan suara kepada Jonathan sebesar 22,5 juta, sementara Buhari hanya memperoleh 12,2 juta suara atau sekira 31 persen.

Hasil perhitungan suara tersebut jelas nampak negara tersebut terbagi menjadi dua bagian, kelompok Kristen di wilayah utara dengan ekonomi yang terpinggirkan dengan wilayah selatan yang mayoritas memeluk agama Islam.

Sebelumnya kekerasan terjadi dan menyebar di 14 negara bagian di Nigeria, beberapa orang dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut.

Rumah wakil presiden Namadi Sambo pun tidak lepas dari pembakaran oleh warga, penjara diserang dan para tawanan kabur pada saat kejadian.

Seperti dilansir AFP, Selasa (19/4/2011), kekerasan yang terjadi secara sporadis pada Minggu kemarin menyebabkan beberapa gereja dibakar, para warga yang terlibat kericuhan pun harus berhadapan dengan tentara di Kano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar