Nama : Heppy Rizky Listya Putri
Npm : 39110640
Kelas : 3DB21
Mata Kuliah : Terapan Komputer
Perbankan#
Sistem Informasi Reservasi Hotel
a. Latar Belakang
Hotel merupakan fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi
masyarakat meliputi kebutuhan traveling antar kota dalam urusan bisnis maupun
wisata. Hotel yang terletak di tengah kota dengan prospek yang menjanjikan
tentunya memerlukan suatu system reservasi demi kelancaran pelayanan. Hotel
dengan pelayanan yang memuaskan dan menyediakan fasilitas kamar dengan beberapa
kelas, laundry, hingga restoran pasti akan banyak dikunjungi para tamu yang
akan menginap. Mengingat banyaknya jumlah tamu yang berkunjung, maka masalah
dalam pengelolaan informasi persediaan kamar, layanan kamar, laundry hingga
restoran menjadi sangat penting. Oleh karena itu, perlu kiranya dibuat sebuah
sistem informasi reservasi hotel sehingga pengelolaan informasi persediaan
kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian
daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out,
pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan dapat dilakukan secara cepat,
mudah dan akurat.
b. Tujuan Proyek
Tujuan dari pengembangan Sistem Informasi Reservasi
Hotel ini dapat dijabarkan sebagai berikut :
- Menghasilkan perangkat lunak untuk aplikasi Sistem informasi reservasi hotel yang memiliki fitur-fitur standar seperti informasi data kamar dan kelas yg kosong dan terisi, data tamu, data transaksi cheek-in dan cheek-out, pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan dan sebagainya.
- Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat membuat proses administrasi hotel menjadi teratur dan akurat serta informasi yang diperlukan dapat disajikan dengan cepat, tepat, akurat.
- Sistem informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam mengetahui data kamar dan kelas yg kosong dan terisi, laporan kegiatan dan transaksi hotel harian, mingguan, bulanan, dan mendapatkan hasil laporan yang akurat dan benar .
- Data record transaksi dapat tersimpan dengan aman.
- Dapat meminimalisir bahkan menghilangkan kesalahan-kesalahan yang mungkin seperti yang terjadi jika menggunakan pencatatan secara manual.
- Dapat mengetahui dengan cepat dan mudah kamar dan kelas yang paling laku sehingga dapat menambah service pelayanan kamar yang lebih memuaskan.
- Mempermudah pencarian data transaksi cheek-in cheek-out dan data tamu yang berlangsung beberapa hari/minggu /bulan sebelumnya.
- Dapat mencegah adanya data-data yang hilang seperti halnya yang kadang terjadi jika melakukan pencatatan secara manual.
c. Keuntungan yang Diharapkan
Dengan adanya sistem informasi reservasi hotel ini
diharapkan akan menghasilkan sistem administrasi hotel yang baik dan akurat,
mempermudah kerja resepsionist dan admin dalam pencarian data kamar dan kelas
serta data tamu. Dan pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan sehingga
mendapatkan efisiensi waktu dan keakuratan data.
DESKRIPSI SISTEM INFORMASI
a.
Deskripsi Sistem
Sistem ini merupakan sistem yang dapat melakukan proses
pengumpulan data dan penyajian informasi secara otomatis tentang daftar harga
kamar dan kelas, data kamar kosong dan yg terisi, data cheek-in cheek-out serta
data tamu. Input data dari computer recepsionist dan admin yang akan diproses sehingga menjadi data yang
akurat. Keluaran dari system ini berupa data yang bersifat update sehingga
dapat membantu kerja resepsionis dan menunjang system administrasi hotel.
METODOLOGI KERJA
a.
Survey Kebutuhan
Mempelajari proses bisnis yang berlangsung
di Hotel, mengidentifikasi fungsi-fungsi bisnis yang diperlukan sehingga
bisa disimpulkan kebutuhan aplikasi perangkat lunak secara pasti.
b. Analisis
dan Perancangan Sistem
Melakukan desain sistem secara detail, mulai
dari Context Diagram, DataFlow Diagram (DFD), desain file,
desain tabel, relasi tabel dsb sehingga membentuk sistem lengkap sesuai
dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
c. Pemrograman
Melakukan coding untuk merealisasikan
desain fungsi yang telah dibuat.Jumlah baris coding ini turut menentukan
besar-kecilnya harga perangkat lunak yang dibuat.
d. Pengujian
Dilakukan untuk mengetahui apakah pekerjaan pemrograman
telah dilakukan secara benar sehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang
dikehendaki. Pengujian juga dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan
kelemahan program aplikasi yang dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan
penyempurnaan.
e. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari
beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang
sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk troubleshooting bila
terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dsb.
f.
Pelatihan
Sebelum diserah terimakan ke user,
pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih user
atau operator /recepsionis /reservasi Hotel yang hendak mengoperasikan program
aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan
informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna di
kemudian hari.
g.
Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai
begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggat
waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah
diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang
berarti.
h.
Tenaga Ahli
Untuk melaksanakan proyek sistem
informasi reservasi Hotel ini disiapkan SDM 4 orang dengan peran rangkap
seperti dalam tabel di bawah ini :
i. Struktur
Organisasi
j.
Penjadwalan Proyek
k. Rencana Anggaran Biaya
Kesimpulan
Hotel menggunakan sistem informasi untuk
mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya, menghasilkan pendapatan sebagai
salah satu produk atau pelayanan mereka, dan membuat berbagai laporan-laporan
yang dibutuhkan oleh manajemen dalam mengambil keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar