Senin, 29 April 2013

SISTEM INFORMASI MINI MARKET



Nama              : Heppy Rizky Listya Putri
Npm                : 39110640
Kelas              : 3DB21
Mata Kuliah  : Terapan Komputer Perbankan#

SISTEM INFORMASI MINI MARKET
                                I.            Identifikasi Masalah
Permasalahan yang terjadi di Mini Market adalah sebagai berikut:
1.      Data-data yang disimpan di Mini Market  masih berjalan manual, padahal Kebutuhan akan data-data penjualan pada Mini Market, semakin meningkat.
2.      Sistem yang dijalankan belum sepenuhnya membantu  penjualan pada Mini Market tersebut.
3.      Penyediaan stock barang yang banyak menyebabkan overload.

                             II.            Analisis Sistem
·        Penyimpanan data dalam bentuk kertas atau manual menimbulkan resiko yang cukup besar, seperti kebakaran, rusak atau bencana alam yang bisa mengakibatkan data-data penting itu hilang,  dan proses perhitungan penjualan barang yang manual, sehingga diperlukan sistem yang bisa menyimpan data lebih aman .

·        Data yang kurang lengkap menyebabkan informasi kurang, karena data tidak tersusun rapi dan susahnya pencarian data barang tersebut.


·        Dari berbagai alasan yang  telah diungkapkan di atas, maka pengembangan Sistem Informasi Mini Market  ini dibuat untuk  menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang muncul.

                           III.            Analisis Kebutuhan
·        Stock barang yang dibutuhkan.
}  Data yang dibutuhkan pada  Sistem Informasi Mini Market ini adalah sebagai berikut:
}  Data Sembako                   : Minyak,Gula,Beras,Kopi,Mie Instant.
}  Data Perlengkapan Mandi : Shampo,Sabun,Pasta gigi,Sikat gigi.
}  Data Snack                        : Chiki,Wafer,Permen,Coklat.
}  Data Perlengkapan Cuci     : Detergen,Pewangi Pakaian,Sabun                                                   dan Pencuci Cuci
}  Data Admin/Petugas           : Nama petugas,Telepon  Mini Market.
}  Biaya                                  : Data pembelian dan penjualan  barang.
·        Kebutuhan fungsional.
                                    Fungsi dari sistem ini adalah :
}  proses pembelian barang, meliputi jenis barang yang dibeli.
}  proses pengelolaan  barang, meliputi input ,output barang.
}  proses pengelolaan data petugas, meliputi input, update dan delete.
}  proses pencarian barang(data sembako, data perlengkapan mandi, data pelengkapan cuci,dan data snack ) yang dilakukan oleh petugas/admin.
·        Kebutuhan nonfungsional.
}   Menggunakan spesifikasi komputer minimal corel 3
}  Kebutuhan RAM 246
}  Menggunakan Printer

                          IV.            Daftar Pustaka




 





                                                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar