Nama : Heppy Rizky Listya Putri
Kelas : 2DB16
Npm : 39110640
Di era modern yang serba dinamis ini, organisasi seperti perusahaan berusaha untuk selalu berubah dari waktu ke waktu. Semboyan “today has to be better than yesterday” berusaha untuk ditanamkan ke seluruh jajaran  manajemen dan karyawan. Sistem informasi sebagai salah satu komponen  utama perusahaan modern juga tidak lepas dari tuntutan untuk selalu  memperbaiki kinerjanya. Perkembangan teknologi  yang  kecepatannya eksponensial saat ini memberikan dampak yang cukup besar  bagi perusahaan yang ingin selalu beradaptasi dengan teknologi terbaru.  Ada satu masalah yang kerap diperdebatkan antara praktisi dan manajemen:  perubahan semacam apakah yang cocok diterapkan di perusahaan? Di lihat  dari kacamata manajemen organisasi, perubahan secara evolusioner  (perlahan-lahan) yang cenderung dipilih, berlawanan dengan pendekatan  perubahan revolusioner yang cocok diterapkan jika ingin selalu  memanfaatkan teknologi terbaru. 
Perusahaan  akan sukses di masa-masa ini jika menspesialisasikan diri padasuatu  proses tertentu (fokus). Dalam proses penciptaan produk atau jasa yang  ditawarkan, tentu saja banyak sekali rekanan bisnis (business partners)  yang diajak untuk bekerja sama, baik secara langsung (sebagai supplier  bahan mentah, pendistribusi produk, agen pemasaran, dsb.) maupun tidak  langsung (pemasok alat-alat kantor, kebutuhan sehari-hari karyawan,  dsb.). Semangat “collaboration for competition” merupakan hal yang  menjadi sangat umum saat ini dimana kunci keberhasilannya adalah  terletak pada jaringan yangdimiliki suatu perusahaan dengan rekanan  bisnisnya. Biasanya yang terjadi pada perubahan ini adalahmasalah  komunikasi antar rekanan bisnis.
Dengan  pesatnya perkembangan penggunaan Internet saat ini, dan salah satu  contohnya dalam program pelatihan, maka akan mengubah cara bagaimana  pelatihan untuk bisa meningkatkan kompetensi SDM. Semakin banyaknya  karyawan (SDM) yang mengggunakan Komputer dan telah mengakses ke gerbang  (portal) Internet, maka dunia web sebagai sarana akan dapat  mendistribusikan pelatihan kepada para karyawan (SDM). Jadi dengan  melalui dunia web, maka para karyawan akan bertambah pengetahuannya yang  dapat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Keistimewaan  Internet dalam penggunaannya untuk penyebaran informasi maupun kebutuhan  pelatihan adalah dapat menjangkau lokasi yang jauh dan secara on line.  Keuntungan lain bila pelatihan melalui web adalah pelatihan dapat  diperbaharui sesuai perkembangan global dan dapat dikomunikasikan secara  cepat dan mudah kepada para karyawan (SDM), sehingga kompetensi para  karyawan (SDM) akan semakin bertambah. (Continuous improvement). 
Sistem  informasi manajemen menghasilkan informasi yang diperlukan oleh  manajemen dari berbagai tingkatan dan bagian. Sistem informasi manajemen  yang menghasilkan informasi tersebut merupakan gabungan dari sub-sub  sistem yang membentuknya. Diantara sub-subsistem yang membentuknya  tersebut harus terjalin kerjasama yang harmonis.
               Pengelola (manajemen) informasi harus dapat menampung data dari  berbagai sumber, mengolahnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan  mendistribusikan informasi hasil pengolahannya ke berbagai pihak yang  memerlukannya. Sesuai dengan konsep sistem informasi yang  didistribusikan tersebut harus berkaitan satu sama lain secara harmonis.
              Komputer tidak dapat berbuat banyak dalam meningkatkan kualitas  informasi (akurat, relevan, tepat waktu dan lengkap). Komputer hanya  membantu meningkatkan kecepatan dan keakurasian sedang masalah lainnya  seperti relevansi, ketidak harmonisan antar bagian dan antar aplikasi  sistem informasi manajemen dengan pemakainya tidak dapat dibantu oleh  komputer. Untuk mengatasi masalah ini orangga menggunakan metode dan  teknik dalam pengembangan sistem informasinya.
  Aktivitas bisnis saat ini berlangsung begitu cepat, maka dituntut  adanya peningkatan kompetensi SDM dalam menghadapi perkembangan bisnis  saat ini maupun yang akan datang. Dengan mengimplementasikan teknologi  secara optimal, maka akan meningkatkan kompetensi SDM dalam kecepatan  dan keakuratannya menyelesaikan tugas / kegiatan. Dengan meningkatnya  kompetensi SDM, maka akan membawa Perusahaan mencapai tujuannya.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar