Senin, 21 November 2011

3.EXPERT SYSTEM

NAMA : HEPPY RIZKY
NPM : 39110640
KELAS : 2DB21

PEMINDAHAN KEPAKARAN
Aktifitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran:
1. Knowledge Acquisition (dari pakar atau sumber lainnya)
2. Knowledge Representation (ke dalam komputer)
3. Knowledge Inferencing
4. Knowledge Transfer
A. STRUKTUR DASAR EXPERT SYSTEM


KNOWLEDGE BASE
· Definisi : Bagian dari sistem pakar yang berisi domain pengetahuan
· Berisi pengetahuan yang dibutuhkan untuk memahami, merumuskan dan menyelesaikan masalah.
· Terdiri dari 2 elemen dasar: (1) Fakta, situasi masalah dan teori yang terkait, (2) Heuristik khus us atau rules, yang langsung menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah khusus.

WORKING MEMORY
· Definisi : bagian dari sistem pakar yang berisi fakta-fakta masalah yang ditemukan dalam suatu sesi
· Berisi fakta-fakta tentang suatu masalah yang ditemukan dalam proses konsultasi
INFERENCE ENGINE
· Definisi : Processor pada sistem pakar yang mencocokan fakta-fakta yang ada pada working memori dengan domain pengetahuan yang terdapat pada knowledge base, untuk menarik kesimpulan dari masalah yang dihadapi.
· Proses berpikir pada manusia dimodelkan dalam sistem pakar pada modul yang disebut Inference Engine.

B. STRUKTUR DETAIL SISTEM PAKAR

Terdiri atas 2 bagian :
· Development Environment (Lingkungan Pengembangan)
· Consultation Environment (Lingkungan Konsultasi)

Bagian-bagian yang secara umum ada pada struktur detail sistem pakar
· Knowledge Aqcuisision System
· Knowledge Base
· Inference engine
· User Interface
· User
· Workplace (Blackboard)
· Explanation Subsystem
· Knowledge refining system

KNOWLEDGE AQCUISISTION
Meliputi proses pengumpulan, pemindahan, dan perubahan dari kemampuan pemecahan masalah seorang pakar atau sumber pengetahuan terdokumentasi (buku, dll) ke program komputer, yang bertujuan untuk memperbaiki dan atau mengembangkan basis
pengetahuan (knowledge-base)

KNOWLEDGE ENGINEERING
Definisi : Proses pengembangan suatu sistem pakar
Orang yang mengembangkan suatu sistem pakar disebut: Knowledge


Engineer
Fase pengembangan sistem pakar
1. Assessment
2. Knowledge Aqcuisition
3. Design
4. Test
5. Documentation
6. Maintenance

3 Pemain utama dalam suatu proyek sistem pakar adalah:
- Domain Expert
- Knowledge engineer
- End

Domain expert
Definisi : orang yang memiliki ketrampilan ( skill) dan pengetahuan (knowledge) untuk menyelesaikan masalah khusus dengan cara-cara yang superior dibanding orang kebanyakan.
-Memiliki pengetahuan kepakaran
- Memiliki ketrampilan problem-solving yang efisien
- Dapat mengkomunikasikan pengetahuan
- Dapat menyediakan waktu
- Dapat bekerja sama

Knowledge Engineer
Definisi : orang yang melakukan proses disain, mengembangkan dan menguji suatu sistem pakar
- Memiliki ketrampilan rekayasa pengetahuan (knowledge engineering)
- Memiliki ketrampilan komunikasi yang baik
- Dapat menyesuaikan masalah kepada software
- Memiliki ketrampilan pemrograman sistem pakar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar